Time

PENGERTIAN LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN


Kondisi bisnis banyak berpengaruh pada kehidupan kita. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan mempunyi beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia.
Tanggung jawab sosial menunjukkan pertimbangan manajemen tentang pengaruh-pengaruh sosial di samping juga pengaruh ekonomi dari keputusan-keputusannya. Ini berlaku bagi semua perusahaan tanpa memandang besar ,lokasi ,atau industrinya.
Pengertian Lingkungan Perusahaan
Lingkungagan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.  Sedangkan arti lingkungan secara luas mencangkup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat. Faktor-fakrot yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya, termaksuk aspek-aspke ekonomi, politik, sosial, etika-hukum, dan ekologicontoh 
Gambar seperti di samping ini: 

Perusahaan dalam Masyarakat Pluralistik
Masyarakat Pluralistik kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Dalam masyarakat ini terdapat banyak pusat kekuatan masing-masing mempunyai sifat mandiri., pluralisme menggambarkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.
Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Antara lain menyangkut penyelewengan pajak, penyelundupan barang, penyogokan kepada
pejabat pemerintah, periklanan yang menipu, kebocoran pabrik yang berbahaya dan pembayaran yang tidak legal.
Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan negatif
Kegiatan humas yang baik harus dapat menciptakan komunikasi dua arah yang serasi antara perusahaan dengan pemerintah bukan hanya propaganda saja.
LINKUNGAN FISIK,ENERGI, DAN KONSERVASI

Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Menyangkut penyelewengnan pajak, penyelundupan barang, penyogokan kepada pejabat pemirintah, periklanan yang menipu, kebocoran pabrik yang berbahaya, pembayaran-pembayaran yang tidak legal, dan sebagainya.
Kritik terhadap perusahaan tidak hanya terbatas pada pertimbangan ekonomi, moral, etik, dan politik saja, tetapi juga menyangkut lingkungan fisik.
§ Ekologi
Suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya.
Faktor yang menyebabakan kualitas lingkungan menurun:
1. Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2. Perkembangan teknologi baru
3. Kemakmuran yang meningkat
Hampir setiap orang setuju dengan anggapan bahwa kita seharusnya menjaga kondisi lingkungan yang baik secara ekologis. Tetapi persoalan riilnya adalah menyangkut apakah kita dapat mengkoordinir tujuan-tujuan tersebut dengan tujuan social
§ Macam-macam Polusi
Merupakan pengrusakan lingkungan alam dimana kita hidup dan bekerja.
1. Pencemaran udara
Sebagian pencemaran udara diakibatkan oleh asap kendaraan bermotor mengingat jumlah kendaraan bermotor yang cukup banyak. Polusi udara ini menimbulakan dampak negatif
2. Pencamaran air
Cukup banyak kasus pencemaran air di Indonesia yang berasal dari berbagai macam sumber, seperti lingkungan industri, permukiman, dan lingkungan pertanian.
Pencemaran sampah awet
Di dunia ini hanya ada tiga macam tempat pembuangan sampah, yaitu bumi, air dan angkasa. Manajemen yang baik menyangkut pembuangan sampah ketiga tempat tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan lingkungan masyarakat. Sering sampah awet, seprti kaleng bekas, botol, karet dan plastik, sulit mendapatkan pembuangan
LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPAJAKAN
§ Alasan Bagi Meningkatnya Pengeluaran Pemerintah
Alasan-alasan bagi pemerintah untuk menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat. Meningkatnya pengeluaran Pemerintah ini merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi.
Untuk meningkatnya fasilitas pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah telah membangan taman-taman bagi keperluan rekeasi, perpustakaan, museum dan pusat-pusat rekreasi serta kebudayaan yang lain.
Adanya pertambahan penduduk dapat mengakibatkan pengeluaran Pemerintah lebih besar. Pemerintah telah pula meningkatkan higina perorangan dan sanitasi lingkungan terutama di daerah pedesaan. Usaha tersebut antara lain dilakukan melalui pembangunan sarana air minum pedesaan,pembangunan jamban keluarga serta usaha pencegahan terhadap pencemaran lingkungan.
Setiap periode pembangunan, pengeluaran-pengeluaran untuk keperluan pertahanan juga semakin meningkatkan. Apabila pemerintah dapat menekan pengeluaran ini, maka kebutuhan-kebutuhan lainnya akan lebih banyak terpenuhi.
§ Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Beberapa macam pajak yang dikenakan pemerintah :
1. Pajak Tidak Langsung
Dikenakan atas barang-barang seperti rorkok, tembakau, dsb yang dibayar oleh importir, produsen, pedagang besar. Besaranya pajak ditambahkan pada harga jual barang tersebut saat dijual pada masyarakat disebut pajak penjualan (PPn). Contoh: pajak penjualan impor, cukai, bea masuk,
2. Pajak Langsung
Contoh: PPd, PPs, pajak dividen
Secara keseluruhan penerimaan Pemerintah adalah :
• Penerimaan dalam negeri : pajak langsung, pajak tidak langsung, penerimaan minyak dan penerimaan bukan pajak ( iuran, retribusi )
• Penerimaan pembangunan : bantuan program dan bantuan proyek
Seluruh pengeluaran pemerintah:
• Pengeluaran rutin ;belanja pegawai, belanja barang, subsidi daerah otonom
• Pengeluaran pembangunan

LINGKUNGAN HUKUM
Kegiatan perusahaan berada di dalam suatu kerangka hukum, sehingga faktor hukum ini mempengruhi keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam perusahaan.
Manajer perusahaan harus mengambil kebijaksanaan yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.
Hukum Publik
Hukum publik ini mengatur masalah-masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum.
Hukum Privat
Hukum privat merupakan hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dalam masyarakat. Termasuk ke dalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang.
Perhatian Pemerintah Terhadap Kegiatan Usaha
Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kehidupan perusahaan terutama berupa perlindungan atas kekayaan, pengadaan kontrak dan pemberian paten. Bantuan semacam ini sering dinamakan subsidi.
a. Bantuan di Bidang Transportasi
Tidak sedikit bantuan Pemerintahan di bidang transportasi. Hampir di setiap sektor pengangkutan, Pemerintah banyak memegang peranan.
b. Bantuan pada Perusahaan-perusahaan Kecil
Bantuan kepada perusahaan-perusahaan kecil dapat digolongkan ke dalam tiga golongan, yaitu :
- Bantuan finansial
- bantuan pemberian kontrak
- bantuan teknik dan manajemen
c. Bantuan di Bidang Komunikasi
Bidang komunikasi yang meliputi kegiatan-kegiatan siaran radio, televisi, telepon dan sebagainya hampir seluruhnya dikuasai dan diatur oleh pemerintah.
LINGKUNGAN INTERNASIONAL

§ Neraca Pembayaran Internasional
Menggambarkan transaksi internasional yaitu jumlah utang negara X kepada negara Y dan sebaliknya. Jika ekspor melebihi impor artinya neraca menguntungkan, jika impor lebih besar dari ekspor artinya tidak menguntungkan.
§ Perusahaan Multinasional
Umumnya berasal dari negara Eropa, Amerika, Jepang.
§ Kegiatan Multinasional
Perusahaan ini bertujuan tidak memasarkan barang hanya dalam satu negara saja tapi mendirikan perusahaan perakitan/assembling di negara kedua untuk melayani kebutuhan negara disamping negara ketiga disekitarnya.

§ Ciri-ciri Perusahaan Multinasional
PBB dalam laporan tahun 1973 mendefinisikan Perusahaan Multinasional sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan/pamberian jasa dalam sedikitnya dua negara.
Maka diperoleh kesimpulan bahwa Perusahaan Multinasional merupakansumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan itu.

§ Kebaikan Perusahaan Multinasional
• Menambah devisa negara melalui penanaman modal dibidang ekspor
• Mengurangi devisa dibidang impor sektor industri
• Menambah kesempatan kerja
• Meningkatkan taraf hidup karyawan dengan gaji cukup besar
• Memodernisir industri
§ Keburukan Perusahaan Multinasional
• Makin banyak perusahaan didirikan makin mempengaruhi kekeuasaan negara jika sedikit artinya jumlah kuantitasnya sedikiit.
• Perusahaan itu memperoleh hasil berupa:
o Keuntungan yang akan dialihkan ke luar negeri oleh pemegang sahamnya
o Penyusutan digunakan untuk menutupi keuntungan
o Kebutuhan akan bahan baku dan bahan modal harus didatangkan dari Luar Negeri dan Pemerintah harus menyediakan fasilitas
Selain itu perusahaan ini dapat menarik modalnya sewaktu –waktu sehingga memberikan akibat kurang baik bagi neraca pembayaran.
• Dapat merusak kehidupan politik
• Mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan memperbesar modal merupakan motif perusahaan

§ Lembaga-lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional
a) Export and import commission house
b) Merchant exporters and importers
c) Manufactures export agents
d) Export and import brokers

§ Perkembangan Ekspor dan Impor di Indonesia

Barang yang termasuk kategori bukan minyak :
a) Golongan barang utama : kayu, karet, timah, minyak kelapa sawit, kopi, tembakau’ teh , biji kelapa sawit
b) Golongan barang lain : lada, bungkil kopra, kopra, bahan makanan, barang tambang

Impor yang dilakukan Indonesia antara lain:

a) Barang konsumsi : beras,tepung terigu, tekstil
b) Bahan baku dan penolong : cengkeh, bahan kimia, hasil preparat kimia, bahan cat, pupuk, kertas, benang tenun
c) Barang modal : mesin-mesin,generator listrik, alat telekomunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar